1. Cari rumus
2. Ditentukan berdasarkan nilai rata - rata, Jika diatas 60 maka LULUS. Selain itu gagal.
3. Ditentukan berdasarkan nilai
> Nilai 80 keatas = A
> Nilai 70 keatas = B
> Nilai 60 keatas = C
> Nilai 50 keatas = D
> Nilai 40 keatas = E
Tabel tersebut memperlihatkan 5 mahasiswa dengan nilai mereka dari 1 hingga 3.
Kita akan menghitung rata - rata dari kelima mahasiswa tersebut.
1. Untuk menghitung rata - rata nilai, gunakan perintah,
=AVERAGE(Number1;Number2;Number3:...)
Contoh : misalnya ingin menghitung nilai Bagas.. Jadi =AVERAGE(drag nilai bagas dari 1 sampai 3)
Dan untuk menghitung nilai rata - rata nilai yang lain, juga menggunakan rumus yang sama.
2. Untuk mengetahui keterangan lulus atau tidak, gunakan perintah,
=IF(H3>60,"LULUS","TIDAK LULUS")
H3 sebagai contoh posisi di Ms. Excel nya..
3. Untuk mengetahui keterangan grade, gunakan pertintah,
=IF(H3>80,"A",IF(G3>70,"B",IF(G3>60,"C",IF(G3>50,"D","E"))))
Berdasarkan dengan ketentuan grade yang kita buat di Ms. Excel
Kurang lebih seperti itu rumus dasar untuk mengetahui rata - rata dan keterangan dalam Ms. Excel. Maaf bila terdapat kekurangan dalam pembahasan.
Contoh : misalnya ingin menghitung nilai Bagas.. Jadi =AVERAGE(drag nilai bagas dari 1 sampai 3)
Dan untuk menghitung nilai rata - rata nilai yang lain, juga menggunakan rumus yang sama.
2. Untuk mengetahui keterangan lulus atau tidak, gunakan perintah,
=IF(H3>60,"LULUS","TIDAK LULUS")
H3 sebagai contoh posisi di Ms. Excel nya..
3. Untuk mengetahui keterangan grade, gunakan pertintah,
=IF(H3>80,"A",IF(G3>70,"B",IF(G3>60,"C",IF(G3>50,"D","E"))))
Berdasarkan dengan ketentuan grade yang kita buat di Ms. Excel
Kurang lebih seperti itu rumus dasar untuk mengetahui rata - rata dan keterangan dalam Ms. Excel. Maaf bila terdapat kekurangan dalam pembahasan.
No comments:
Post a Comment