Saturday, September 1, 2018

[TUGAS EXCEL] Menghitung Rata - rata Nilai dengan menggunakan Ms. Excel

Perhatikan tabel diatas!
Ketentuan:

1. Cari rumus
2. Ditentukan berdasarkan nilai rata - rata, Jika diatas 60 maka LULUS. Selain itu gagal.
3. Ditentukan berdasarkan nilai

> Nilai 80 keatas = A
> Nilai 70 keatas = B
> Nilai 60 keatas = C
> Nilai 50 keatas = D
> Nilai 40 keatas = E



Tabel tersebut memperlihatkan 5 mahasiswa dengan nilai mereka dari 1 hingga 3.
Kita akan menghitung rata - rata dari kelima  mahasiswa tersebut.

1. Untuk menghitung rata - rata nilai, gunakan perintah,

 =AVERAGE(Number1;Number2;Number3:...) 
Contoh : misalnya ingin menghitung nilai Bagas.. Jadi =AVERAGE(drag nilai bagas dari 1 sampai 3)
Dan untuk menghitung nilai rata - rata nilai yang lain, juga menggunakan rumus yang sama.


2. Untuk mengetahui keterangan lulus atau tidak, gunakan perintah,

=IF(H3>60,"LULUS","TIDAK LULUS") 
H3 sebagai contoh posisi di Ms. Excel nya..

3. Untuk mengetahui keterangan grade, gunakan pertintah,


=IF(H3>80,"A",IF(G3>70,"B",IF(G3>60,"C",IF(G3>50,"D","E"))))
Berdasarkan dengan ketentuan grade yang kita buat di Ms. Excel


Kurang lebih seperti itu rumus dasar untuk mengetahui rata - rata dan keterangan dalam Ms. Excel. Maaf bila terdapat kekurangan dalam pembahasan.



No comments:

Post a Comment